Keunikan Manusia dan Warna-Warni Kehidupan

      Setiap manusia terlahir dengan segala keunikannya yang tidak dapat disamakan antara satu dengan lainnya. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang (hampir) sempurna dengan segala yang dimiliki, baik yang terbawa dari lahir maupun yang berkembang seiring bertambahnya usia. Kesempurnaan manusia adalah hakikat murni yang pasti dimiliki setiap manusia, jika kita mampu memandangnya dari sisi yang berbeda. Manusia tidak sepenuhnya sempurna sebab Allah menciptakan manusia agar dapat memberi pelajaran antara yang satu dengan lainnya.
      Manusia tidak selalu berada pada titik kesempurnaannya. Manusia tidak selalu pada alur yang benar. Manusia tidak selalu "terang" hidupnya. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang hidup tanpa masalah. Percayalah akan hal itu ! Manusia adalah satu-satunya makhluk yang dalam hidupnya memiliki warna yang berbeda-beda. Warna yang terpancar pada diri manusia didasarkan pada pengalaman yang telah dilaluinya.
      Dan banyak dari kita yang menyerah akan problematika kehidupan yang sedang atau akan dilaluinya. Mengapa itu terjadi ? Karena manusia belum memahami kekuatan terbesar yang ia miliki dalam menghadapi permasalahan tersebut. Setiap permasalahan yang dimiliki, itu adalah kehendak Allah dan sudah diukur tingkat kesusahannya. Banyak manusia berpikir bahwa dunia tidak adil ketika seseorang mendapatkan masalah yang begitu membebani hati dan pikirannya. Dan akhirnya segala solusi yang dilakukan seolah-olah selalu berhenti pada suatu jalan yang buntu dan akhirnya berputus asa. Well, mari kita bahas mengenai hal ini....

      Saya percaya bahwa setiap manusia adalah makhluk yang unik dalam setiap detailnya. Keunikannya tidak hanya menjadikannya sebagai "penanda" tetapi juga sebagai kekuatan dalam dirinya. jika seseorang merasa buntu dalam suatu masalah, ada dua kemungkinan. Usahanya yang kurang maksimal atau memang sudah saatnya menyerahkan segala hasil dari usahanya kepada Allah. Ada beberapa orang yang merasa sudah salah "jalur" ketika menghadapi suatu masalah. Kemari,kuceritakan hal ini kepadamu !
       Seperti yang sudah saya jabarkan diatas bahwa Allah tidak akan memberikan suatu cobaan diluar batas kemampuan kita (Q.S. Al-Baqarah : 286). Mengapa Allah harus memberi cobaan kepada umat manusia ?
       Pernahkah Anda temui seseorang yang kaya raya namun memilih untuk jauh dari kehidupan yang mewah ? Mungkin bagi sebagian manusia akan berpikir, orang tersebut sangat bodoh karena rela meninggalkan semua kenikmatan duniawi yang dimilikinya. Namun, tahukah Anda mengapa hal itu terjadi ? Karena mereka yang melakukan hal tersebut bosan pada "zona nyaman" mereka. Mereka ingin mencari warna baru dikehidupan mereka. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang tidak akan pernah puas. Dan apa yang dilakukan oleh mereka, adalah karena rasa ketidak-puasan terhadap apa yang telah dimiliki. Manusia dituntut untuk selalu berkembang agar membentuk dirinya semakin baik. Dan banyak cara untuk mencapai hal itu.
      Oleh karena itu, jangan pernah patah semangat. Tetap berusaha dan berdoa. Mari kita tengok setiap masalah yang ada di kehidupan ini dengan cara pandang berbeda. Setiap masalah pasti ada hikmahnya, baik yang dirasakan secara langsung atau tidak. STAY POSITIF THINKING ! Itu bukan hanya slogan, namun memang sudah seharusnya kita terapkan. Pikiran yang posisitf akan membuka segala pikiran kita agar mudah dalam menyelesaikan masalah. Agar kita punya warna yang berbeda-beda. Agar kita memiliki kepuasan diri yang tak dimiliki siapa pun. Agar kita mengerti betapa sayangnya Allah kepada kita.
     Buka mata, buka hati. Mari bersyukur dengan semua warna dikehidupan kita. Mari melihat segala sesuatunya dari sudut pandang lain. Dan temukan warna kalian !

Komentar

Postingan Populer