Mari, Kenali Potensi Diri Sebagai Kunci Mewujudkan Mimpi !


       Dunia perkuliahan bukan lagi sekedar cerita-cerita remaja mengenai indahnya kedewasaan dan kebebeasan yang dimiliki setiap insan di dalamnya. Dibalik itu semua, terdapat perjuangan yang penuh dengan tantangan serta godaan yang kuat dalam menjalaninya. Sebelum dunia ini dimulai, terlebih dahulu saya menuntaskan pendidikan saya dibangku SMA. Bukan hal yang mudah, mengingat banyaknya peminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke perguruan tinggi yang diimpikan.

       Pada masa SMA, jujur saja saya menglami banyak kebimbangan, mengenai keputusan saya untuk melanjutkan pendidikan. Terlalu banyak pertanyaan-pertanyaan dari orang-orang di sekitar saya.
 Bingung memilih jurusan kuliah

       " Habis SMA nanti, mau lanjut apa ? "

       " Habis SMA mau kuliah atau kerja ? "

       " Nanti kuliahnya ambil jurusan apa ? "

       " Kalo kuliah jurusan itu, nanti kerja jadi apa ? "


       Yah, kurang lebih begitu lah pertanyaan yang sering saya dengar dari beberapa orang. Jelas, hal itu menjadi beban pikiran tersendiri bagi saya. Banyak yang beranggapan, bahwa kuliah hanya membuang segala hal yang kita punya di masa muda. Namun, tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa kuliah akan membantu kita dalam menggapai impian kita. Yang jelas satu hal yang saya sadari sebelum memutuskan masa depan saya adalah saya harus mencari tahu mengenai kepribadian saya serta minat dan bakat saya sebagai bekal dalam melangkah kedepannya.

      Hingga pada suatu hari, salah satu teman saya merekomendasikan suatu situs platform yang secara total membantu saya dalam mencari keputusan yang tepat, yaitu Youthmanual. Awalnya saya kurang percaya apakah hanya dengan menggali potensi saya secara online, mampu membantu saya dalam memberi pilihan. Namun yang terjadi sungguh diluar diguaan. Youthmanual banyak membantu saya, dan saya rasa bagi adik-adik yang saat ini sedang bingung untuk memutuskan masa depannya atau mungkin bagi kakak-kakak yang sedang mencari keccocokan pribadi dengan karakteristik kerja, Saat ini, saya sedang berkuliah di salah satu Universitas Negeri di Surabaya dan sedang menekuni bidang Sistem Informasi. Sebelum memilih jurusan ini, tentunya saya akan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan apa saja yang terdapat di universitas tersebut adan bagaimana kecocokan kompetensi saya pada jurusan tersebut. Namun, tidak mungkin jika kita harus mencari satu-persatu, bukan ? Maka, ketika saya mengenal Youthmanual, saya sangat amat bersyukur karena semua yang saya inginkan ada ditampung dalam satu wadah disini. Saya tidak perlu bingung lagi serta menduga-duga jurusan apa yang akan saya pilih karena di Youthmanual, kita akan diberikan beberapa alternatif jurusan yang sesuai dengan hasil assesment yang kita kerjakan.

       Disini, kita tidak hanya akan melakukan pengenalan diri, namun kita akan diajak untuk memahami apa saja minat serta kemampuan yang kita miliki agar dapat semaksimal mungkin kita kembangkan. Selain itu, ada pula informasi mengenai profesi yang kita inginkan, eksplorasi jurusan,  hingga eksplorasi kampus pilihanmu, lho !  Dalam fitur ini, kita akan diajak mengasah daya pikir kita serta memahami betul apa saja kelebihan-kelebihan kita  yang bisa menjadi nilai tambah kita. Lalu, bagaimana caranya ?


  1. Anda bisa Sign Up  pada situs Youthmanual. Kemudian Anda bisa Login menggunakan alamat email dan password yang sebelumnya Anda daftarkan
  2. Anda bisa mengisi dulu data diri yang akan muncul yang nantinya akan disimpan okeh sistem sebagai CV 
  3. Setelah itu, Anda akan diajak untuk mengisi Assesment yang ada sebagai tahap awal dalam pengenalan diri Anda
  4. Yang terakhir adalah silahkan masuk ke menu Profil untuk melihat Hasil Assesment agar Anda mengetahu kompetensi diri Anda
Contoh Assesment di Youthmanual


       Cukup mudah, kan ? Hanya dengan meluangkan sedikit waktu kita sudah bisa menggali potensi diri sebagai bekal di kemudian hari. Oh iya, dalam Youthmanual Premium paket Explorer, terdapat fitur terbaru, lho. Yaitu Modul Kemampuan dan Personal Values. Pada Personal Values, kita akan diajak untuk mengetahui kecocokan jurusan kuliah dan profesi yang cocok dengan kemampuan kita, sedangkan pada Modul Kemampuan, kita akan diajak untuk melihat nilai-nilai kehidupan yang kita anggap penting. Tuh, seru banget kan ? Kita bisa mengerjakannya dengan santai, apalagi jika dikerjakan menggunakan laptop berteknologi canggih yang semakin memudahkan kita.



       Bagi saya, laptop berteknologi canggih yang saat ini sedang saya inginkan adalah Acer Switch 1. Mengapa harus laptop tersebut ? Karena Acer Swutch 1 merupakan laptop yang serba instan dengan konsepnya yaitu two in one dimana kita bisa menjadikannya laptop sekaligus tablet dalam satu waktu. Dengan ruang penyimpanan 500 GB dan fitur touchpadnya mampu memudahkan saya dalam meneruskan mimpi-mimpi saya serta mengembangkan potensi saya semaksimal mungkin. Sesuai jurusan saya, yaitu Sistem Informasi, jika saya memiliki laptop ini saya sangat begitu yakin mampu menjadi "teman setia" saya dalam melanjutkan langkah-langkah selanjutnya. Modelnya yang ramping serta mudah dibawa kemanapun, membuat saya lebih percaya diri dan sangat fleksible dalam berbagai situasi. Saya begitu mendambakan model laptop seperti ini dan saya sangat ingin memilikinya. Saya yakin, dengan memiliki Acer Switch 1 serta terus memantau kemampuan saya di Youthmanual, saya mampu mencapai target-target dalam pendidikan saya dan memudahkan saya dalam menjalani profesi saya nantinya.
#AcerXYouthmanualBlogCompetition

Komentar

Postingan Populer